JQuery

Judul

Ini

Statistik Perkara

Keadaan Perkara Tingkat Banding 2 Tahun Terakhir (Tahun 2019 dan Tahun 2020)

Keadaan Perkara Tingkat Pertama se Wilayah Hukum PTA Palembang Tahun 2020

Keadaan Perkara Per Jenis Perkara Tahun 2020

Video

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh para pimpinan yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Panitera dari 12 Pengadilan Agama se-wilayah PTA Palembang. Adapun dari pihak PTA Palembang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim Tinggi, Sekretaris, Panitera, Kepala Bagian dan sub-Bagian serta Panmud Hukum dan Panmud Banding. Kegiatan rapat koordinasi ini dilakukan sebagai langkah monitoring, pengawasan, evaluasi dan pembenahan sistem pelaksanaan SIPP yang selama ini telah berjalan pada 12 Pengadilan Agama tersebut. Kegiatan ini juga sebagai upaya menjaga komitmen dan quality control dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Muhammad Natsir Asnawi, S.H.I, M.H memberikan beberapa tips dan trik dalam meningkatkan kinerja SIPP, diantaranya Beliau mengatakan bahwa pengawasan sangat dibutuhkan dalam peningkatan kinerja SIPP, sebab dalam manajemen, pengawasan memegang peranan penting. Menurut pengalaman Beliau, pengawasan terhadap SIPP idealnya dilakukan secara rutin satu kali dalam seminggu. Kemudian tips lainnya yaitu login SIPP sesuai dengan pengguna yang berwenang. Contohnya; untuk upload berkas PMH, dibutuhkan login menggunakan akun ketua pengadilan bukan melalui akun administrator atau akun PP. Hal seperti itu perlu diperhatikan untuk menciptakan tertib administrasi dalam SIPP.

Kegiatan yang kedua yaitu rapat koordinasi yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, YM. Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I. Pada rapat koordinasi yang kedua ini, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang mengevaluasi masing-masing Pengadilan Agama wilayah Sumatera Selatan dalam kinerja SIPP berikut menginventarisasi berbagai kendala yang dihadapi oleh masing-masing dari 12 Pengadilan Agama tersebut. Beliau juga menginstruksikan agar menerapkan tips dan trik yang telah dikemukakan oleh Narasumber pada rapat koordinasi yang pertama untuk meningkatkan kinerja SIPP. Selain itu juga, YM. Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I. juga memastikan kesiapan setiap Pengadilan Agama dalam menghadapi Asesor Eksternal dalam Asesment Akreditasi Penjaminan Mutu yang akan segera dilaksanakan. Pada akhir pengarahan dan bimbingannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, YM. Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I. berharap agar setiap Pengadilan Agama di wilayah Sumatera Selatan termasuk Pengadilan Tinggi Agama Palembang dapat meraih predikat A Excellent dalam Akreditasi Penjaminan Mutu serta dapat meningkatkan kinerja SIPP pada tataran Nasional. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan bagi Pimpinan, Hakim dan Aparatur Peradilan Tingkat Banding da Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan seluruh Indonesia yang dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung RI yaitu Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H hingga pukul 16.00 WIB. (wy)