logo-pta.png

Rapor SIPP Juli 2019 PA Prabumulih bikin kejutan

.

RAPOR SIPP JULI 2019 PA PRABUMULIH BIKIN KEJUTAN

rapor 12 juli.png

Palembang | Lama bertengger di posisi pertama (Urutan 22 Nasional) kategori V  pada Rapor/Penilaian setiap minggu yang dikeluarkan Dirjen Badilag, ternyata Pengadilan Agama Prabumulih bikin kejutan langsung masuk posisi ke pertama Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang (22 Nasional) kategori IV pada rapot di rilis tanggal 5 Juli 2019 dan  posisi ke pertama (22 Nasional) kategori IV pada rapot di rilis tanggal 12 Juli 2019.

Pengadilan Agama Prabumulih ini nampaknya mengikuti jejak saudara tertuanya yaitu Pengadilan Agama Muara Enim yang terlebih dahulu bikin kejutan langsung masuk posisi Pertama kategori III Wilaya PTA Palembang (urutan 1 Nasional Kategori III) dari posisi pertama kategori IV wilayah PTA Palembang (Posisi 4 Nasional kategosri IV) pada rapor/penilaian yang dirilis Dirjen Badilag pada tanggal 21 Juni 2019 lalu.

Tidak hanya itu, PA Prabumulih pun dapat menyabot kedudukan PA Martapura yang berada diposisi pertama dalam Upload Putusan sebagaimana Rapor penilaian SIPP yang dirilis 5 Juli 2019 dan saat ini PA Prabumulih berada pada posisi pertama dalam Upload Putusan sebagaimana Rapor Penilaian SIPP tanggal 12 Juli 2019.

Dari pengamatan kami selaku Asisten HATIWASDA, perubahan peringkat tersebut tidaklah jadi begitu saja, akan tetapi diikti oleh beberapa faktor, antara lain SDM, Perhatian dan Komitmen Pimpinan serta dukungan semua lini, baik Hakim, Kepaniteraan, Kesekretariatan, sarana dan prasarana yang mana kecepatan dan ketepatan penyelesaian perkara menjadi tolak ukur penilaian, baik itu dalam minutasi maupun Publikasi Putusan. Dan tak kalah pentingnya adalah Jumlah perkara yang ditangani meningkat sebagaimana kategori I, II, III, IV dan V (rapot penilaian SIPP). Sebab bila minutasi saja yang diselesaikan 100% tetapi Upload Publikasi Putusan masih dibawah 80 %, maka dapat dilihat dengan kasap mata bahwa "Putusan saat minutasi 100% itu belum jadi / selesai" sebagaimana yang dikehendaki Buku IV (Revisi) halaman 32 " 1). Pada waktu diucapkan, putusan harus sudah jadi dan setelah itu langsung ditandatangani oleh majelis hakim dan panitera pengganti" dengan perkataan lain "Hijau Semangka" (luar hijau dalamnya merah). Hhal ini sejalan dengan surat Dirjen Badilag RI Nomor: 3278/DJA.3/HM.01/VII/2019, tanggal 4 Juli 2019 tentan Hasil Surveillence Akreditasi Penjaminan Mutu poin 8 (Implementasi One Day Minut dan One Day Publish belum sesuai antara data di SIPP dengan berkas fisik perkara).

Dari raport dan surat Dirjen Badilag di atas, tentu Pimpinan PTA Palembang telah merespon dengan surat  Nomor : W6-A/ 979 /HM.01/VII/2019. tanggal 10  Juli  2019 dengan harapan agar semua satker khususnya dalam Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Palembang agar terus berpacu untuk menjadi yang terbaik dengan mengimplementasi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) "Kerja Ikhlas adalah Ibadah". Selamat bekerja semaga selalu diberikan kesehatan dan lindungan dari Allah SWT  "Bisa, bisa, bisa, kita bisa"