logo-pta.png

Khatmil Qur'an Warga Pengadilan Tinggi Agama Palembang

.

 Khatmil Qur'an Warga Pengadilan Tinggi Agama Palembang

 

 

pta-palembang.net

Palembang, Selasa 28 Mei 2019 Warga Pengadilan Tinggi Agama Palembang mengadakan Khatmil Qur'an. Kegiatan ini diselenggarakan setelah Sholat Dzuhur berjamaah bertempat Mushola Al Mizan di Lantai III Pengadilan  Tinggi Agama Palembang.  Acara diikuti oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Karyawan/ti dan Pengawai Honorer Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

 

 

Acara di mulai dengan Pembukaan yang dipandu oleh Muslimawati Staf  Perencanaan dan Anggaran Pengadilan Tinggi Agama Palembang, dilanjutkan Laporan oleh Ketua takmir Mushola Al Mizan Drs. H. Suyadi, M.H.(Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Palembang).
Dalam laporan beliau menyampaikan bahwa selama bulan Ramadhan Jemaah Mushola Al Mizan melaksanakan tadarusan dan sudah khatam Al Qur-an sebanyak dua kali serta melaporkan biaya kegiatan yang bersumber dari Infak para jemaah Mushola.

 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Drs. H. Endang Ali Ma'sum, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadhan baik tadarusan (membaca Al-Qur'an) selain belajar memahami isi dari Al-Qur-an  juga merupakan wujud untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT., meskipun membaca Al-Qur'an kurang lancar juga mendapatkan pahala., sekaligus mendidik mental SDM jajaran Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

Selain kita membaca Al-Qur-an ada baiknya kita juga mengerti dan memahami artinya sehingga dapat mengamalkannya. Beliau juga menghimbau kepada semua jemaah untuk tidak segan-segan untuk berinfak dan berdsedekah karena balasannya yang berlipat-lipat. Sebab sabda Rosulullah SAW “tidaklah setiap hari yang dilalui oleh seorang hamba kecuali datang dua malaikat. Malaikat yang pertama  berdo’a  Ya Allah berilah gantinya bagi orang-orang yang berinfaq. Malaikat Kedua  berdo’a Ya Allah berikanlah orang yang tidak berinfaq hari ini kebangkrutan”

Ketua berharap  ba’da Romadhon bagi pembaca qur’an yang belum bias baca Al-Qur’an meningkat menjadi bias baca  Al-Qur’an, yang sudah bias tetapi kurang lancer harus ditingkatkan jadi lancer, dan yang sdah lancer akan ditingkatkan lagi bersama-sama Hakim Tinggi untuk tadarus kiro’at kutub. 

 
 
   

 

Setelah sambutan Ketua, acara dilanjutkan dengan membacara Al-Qur'an sebanyak 30 Juz dan dibagi setiap orang satu juz yang kemudian diakhiri dengan Khatmil Qur’an dan ditutup dengan do’a Khatmil Qur’an.

Dipenghujung acara, jamah dihibur oleh Paduan Suara PTA Nada serta Pembagian Nasi Kebuli . Selain kegiatan membaca Al-Qur-an sebelum Sholat Dzhuhur Pengadilan Tinggi Agama Palembang juga khususnya Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Palembang membedah kitab yang ada di Program Maktabah Samilah  yang di pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang.