logo-pta.png

KPTA PALEMBANG: METHODA YANG BENAR MENGHADAPI BULAN YANG MULIA INI (ROMADHON)

.

 KPTA PALEMBANG: METHODA YANG BENAR MENGHADAPI BULAN YANG MULIA INI (ROMADHON)

kultum1 6-5-19.jpeg

pta-palembang.net

Palembang | - Mengawali masuk bulan romadhon 1440 H, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Bapak Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H. MH menyampaikan kultum di hadapan jamaah sholat zhuhur pada Senin 06 Mei 2019 bertempat di Musholla Al-Mizan PTA Palembang.

Sebelum masuk pada materi kultum, Bapak H. Endang Ali Ma’sum mengabsen satu persatu jamaah yang terdiri dari Hakim Tinggi, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Staf dan tenaga honorer. Apakah semuanya ikut ambil bagian dalam mengisi kegiatan romadhon ini, sebagaimana yang telah diinstruksikan beliau pada Rapat Koordinasi minggu lalu.

kultum.jpg

Selain mengikuti kegiatan kultum, seluruh pegawai juga terlibat dalam tadarusan, yang oleh takmir mushollah telah disusun dan dibagi kedalam lima kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 12 (dua belas) anggota yang masing-masing kelompok diketuai oleh Hakim Tinggi yang juga sebagai korektor.

Bapak Ketua PTA Palembang dalam tausiah menyampaikan “ Methoda Apa yang Benar untuk menghadapi bulan yang mulia ini”

Menurut beliau methoda tersebut antara lain :

1. Methoda Do’a, agar disampaikan pada bulan romadhon.
    Dalam do’a kita berharap diberikan kesehatan dan  afiat agar gesit/ giat beribadah. Ibadah tersebut adalah puasa, tarawih, zikir, baca al-qur’an

2. Methoda mengucap puji dan syukur
    Kita bersyukur  kepada Allah, alhamdulilah kita telah benar-benar telah sampai pada bulan romadhon 1440 H
   a. Mengapa kita harus bersyukur ? Menurut Imam Nawawi bahwa kita wajib bersyukur sesungguhnya dianjurkan bagi orang mendapatkan nikmat yang zhohir karena ada  nikmah, atau terhindar dari bencana yang nyata.

   b. Nikmat yang besar terhadap taufiq, agar kita taat pada Allah dan mendapatkan gesit untuk beribadah; masuknya bulan romadhon dengan kondisi kita yang sehat wal afiat itu merupakan kenikmatan yang besar

3. Methoda Bergembira dan bangga memasuki romadhon,
    Kita merasa bangga dan gembira datangnya romadhon, karena siapa yang merasa bergembira bangga datangnya romadhon, itulah nuraninya yang fisiknya benar-benar menunggu datangnya bulan romadhon (Mr.K)