logo-pta.png

Uji Coba Video Conference PA Muara Enim

.

Uji Coba Video Conference, WKPTA Palembang : “Selamat dan Pertahankan Peringkat SIPP PA Muara Enim”

12. 09072019-1400.jpg

PA-MUARAENIM.GO.ID - Membaca pesan whatshapp yang masuk, Selasa (9/7/2019) pukul 09.22 WIB, bahwa Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Drs. H. Helmy Thohir, M.H., ingin melakukan trial video conference secara khusus dengan Pengadilan Agama Muara Enim, yang akan digelar siangnya pukul 14.00 WIB, lantas Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H., melalui whatshapp grup Pengadilan Agama Muara Enim, pun meminta kehadiran seluruh jajarannya untuk menyaksikan kegiatan itu.

Meskipun hanya permintaan trial video conference, dimata Ketua Pengadilan Agama Muara Enim hal ini merupakan suatu penghargaan yang patut disyukuri bersama, sebab Pengadilan Agama Muara Enim mendapatkan kepercayaan sebagai yang pertama melakoni uji coba video conference dengan Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

Ia membeberkan, bahwa tak mengetahui alasan dipilihnya Pengadilan Agama Muara Enim sebagai partner untuk melakukan uji cuba tersebut, pasti ada alasannya, dan yang tahu tentu mereka sendiri di Pengadilan Tinggi Agama Palembang, imbuhnya sesaat jelang dilakukannya video conference.

Ketua Pengadilan Agama Muara Enim juga mengatakan, sebagaimana ia ketahui, bahwa sesuai Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 3252/DjA/HM.02.3/VII/2019 tanggal 4 Juli 2019 perihal Persiapan Teleconference bagi setiap pengadilan tingkat banding. Bahkan isi surat tersebut didalamnya mengandung instruksi bahwa media teleconference tersebut merupakan sarana pembinaan dan pengawasan yang efektif dan efisien terhadap seluruh pengadilan tingkat banding dan juga pengadilan tingkat pertama di lingkungan peradilan agama,

Tim IT Pengadilan Agama Muara Enim pun berupaya menyiapkan segala sesuatu agar menunjang kelancaran pembicaraan Ketua Pengadilan Agama Muara Enim dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang. Suasana bahagia kental menyelimuti ruang lobi gedung tempat digelarnya video conference. Sementara itu untuk hakim, pejabat fungsional dan struktural, serta pegawai lainnya disediakan tempat duduk disamping, dengan tayangan layar didepannya untuk menonton.

Saat video conference berlangsung, perbincangan siang itu cukup santai namun serius. Terlebih saat Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang menyatakan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pengadilan Agama Muara Enim yang telah menduduki peringkat pertama atas penanganan perkara berdasarkan SIPP sejak tanggal 21 Juni 2019 lalu pada kategori III (1001-2500 perkara). Apresiasi sekaligus ucapan tersebut ia sampaikan saat menghadapi video conference dengan Ketua Pengadilan Agama Muara Enim dan seluruh jajaran. Mendadak susasana pun berubah menjadi gembira dengan iringan tepuk tangan bahagia para pejuang SIPP Pengadilan Agama Muara Enim.

Mendapat apresiasi, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang berharap Pengadilan Agama Muara Enim tak lengah, dan kedepan ia meminta hal ini dapat terus dipertahankan. Pada video conference tersebut juga ditanyakan beberapa hal lainnya yang menjadi program prioritas Ditjen Badilag saat ini.

Sehubungan dengan video conference yang dilakukan dengan Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Pengadilan Agama Muara Enim menggunakan Skype yakni software berbasis free yang di install pada PC/Laptop dengan Operasi Sistem Windows, dimana Skype dapat digunakan untuk melakukan video conference secara bersama-sama dalam satu ruangan, dan dapat juga melakukan share tampilan layar komputer sebenarnya.

 

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim