logo-pta.png

Terus Berbenah, Ketua PA Muara Enim Studi Pembelajaran ke MPP Pemkot Pekanbaru

.

Terus Berbenah, Ketua PA Muara Enim Studi Pembelajaran ke MPP Pemkot Pekanbaru

01052019-0900.jpg

PA-MUARAENIM.GO.ID - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan studi pembelajaran tentang Mal Pelayanan Publik (MPP) ke Pemerintah Kota Pekan Baru, Senin (29/4/2019). Studi pembelajaran tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari 28 April 2019 sampai dengan 1 Mei 2019, atas dasar Surat Perintah Tugas Bupati Muara Enim Nomor 090.094/977/VIII/2019, tanggal 22 April 2019.

Saat berada di tempat lokasi, kepada redaktur “pa-muaraenim.go.id”, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H., menjelaskan perihal kunjungan mereka kesana. Dalam laporan kunjungannya ia menceritakan, bahwa saat itu ia bersama rombongan sedang mengamati secara langsung sistem pelayanan dan kelembagaan yang terdapat di sana, menurutnya MPP Pekanbaru punya infrastruktur dan sarana yang lengkap, sehingga MPP Pekanbaru merupakan satu yang terbaik dari penilaian Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI, saat ini.

Pada intinya, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim secara khusus menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Muara Enim berencana mendirikan MPP, yang menurut rencana keberadaan MPP tersebut ditujukan untuk optimalisasi layanan kepada masyarakat di Muara Enim, sebutnya. "Jadi kami berharap kunjungan ini bisa jadi momentum meningkatkan layanan publik di Kabupaten Muara Enim utamanya, kemudian baginya disamping itu kunjungan ke MPP Pekan Baru akan membuat pihaknya terus berbenah dalam memperbaiki sistem layanan, bahkan bisa jadi kedepan Pengadilan Agama Muara Enim akan mengadaptasi layanan publik seperti yang ada di MPP Pekanbaru," terangnya, di sela kunjungannya ke sana.

Dalam kunjungan bersamanya itu, ia sempat berbincang dengan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, tentang langkahnya dalam mengelola sistem dan kelembagaan layanan berskala besar seperti MPP yang sudah beroperasi sejak akhir tahun 2018, dan saat ini tersedia hampir 200 layanan perizinan dan non perizinan yang bisa diakses di 26 gerai. Muhammad Jamil menyebut, bahwa kunjungan kunjungan ke MPP membuat pihaknya terus berbenah, mereka berupaya meningkatkan layanan yang ada di MPP Pekanbaru, apalagi MPP Pekanbaru sudah menjadi rujukan pemerintah daerah lainnya dalam membuat pusat layanan publik terpadu, katanya, menceritakan hasil perbincangannya.

Dalam melakukan studi pembelajaran ke sana, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT menyambut baik kedatangan rombongan pemerintah dan forkopimda dari Kabupaten Muara Enim. Walikota Pekanbaru senang MPP Pekanbaru bisa menjadi referensi bagi Pemerintah Kabupaten Muara Enim, ujarnya di sela kegiatan.

| Humas Pengadilan Agama Pekanbaru