logo-pta.png

KPA Sekayu: “Tingkatkan Profesionalitas dan Kompetensi Kinerja”

.

KPA Sekayu: “Tingkatkan Profesionalitas dan Kompetensi Kinerja”

01052014-0540.jpg

PA-SEKAYU.GO.ID – Setelah sekian lama kosong, akhirnya Jabatan Kasubbag Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Sekayu terisi kembali. Selasa, (30/04/19) bertempat di Aula pertemuan lantai II PA Sekayu, sekitar pukul 10.00 WIB Ketua PA Sekayu secara resmi melantik Herdi Saputra, S.H. sebagai Kasubbag Umum dan Keuangan yang baru, menggantikan Sutarja, SE, yang promosi menjadi Sekretaris Pengadilan Agama Muara Dua. Herdi, sapaan akrabnya, yang juga bapak dari tiga orang anak itu, bukanlah figur baru di PA Sekayu, tapi figur yang telah lama mengabdi dan bertugas di PA Sekayu itu. Sejak tahun 2003, ia tercatat sebagai CPNS PA Sekayu dengan pangkat dan golongan II/A. hingga sekarang yang kurang lebih 16 tahun mengabdi dengan pangkat dan golongan III/b, dan cukup banyak pengalaman yang ia miliki selama mengabdi di PA Sekayu itu.

Dalam sambutannya, Ketua PA Sekayu, setelah acara pelantikan itu, menyampaikan, pertama, ucapan selamat kepada yang dilantik. Dengan dilantikanya saudara Herdi itu, maka di PA Sekayu tidak ada lagi jabatan yang kosong, semua telah terisi, dan dengan terisinya semua jabatan itu, setidaknya akan membantu proses dan penyelesaian kerja bagian administrasi di lembaga ini. 

 

Kedua, kepada Kasubbag baru, berserta semua yang hadir dalam acara pelantikan itu, agar selalu meningkatkan profesionalitas dan kompetensi. “Ini penting sekali, dan harus seirama antara profesionalitas dan komptensi, sebab professional tanpa kompetensi, tidak berarti sama sekali, keduanya mesti kita miliki” tegas Pak Saifullah. Profesionalitas itu mengacu pada sikap profesional terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang dimiliki dalam rangka melakukan pekerjaannya, sedangkan kompetensi, diartikan sebagai kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja, imbuh Pak Ketua.

Sering terjadi di instansi kita ini, sumber daya yang tidak berkompeten mengerjakan atau menilai sesuatu yang bukan keahliannya, ini sangat menyesatkan. Maka jika ingin terlibat juga, untuk membantu pekerjaan yang bukan keahliannya itu, kuasai dulu pengetahuannya, kuasai dulu keterampilannya, baru bisa ikut berperan secara aktif, tapi kalau tidak, maka lebih baik ambil sikap professional, dan berikan pekerjaan itu pada ahlinya saja kemudian belajar padanya.

Ketiga, kepada paejabat yang baru dilantik, bekerjalah dengan baik, juga dengan menghasilkan pekerjaan terbaik. Persoalan-persoalan yang belum dipahami tanyakan saja kepada atasan, atau sumber daya lain yang berkompeten, tidak usah malu atau sungkan, anggap saja semua itu sebagai proses pembelajaran untuk menjadi figur yang lebih baik dan lebih berkompeten. Hari ini kita belajar, maka tidak mustahil besok kita yang akan jadi pengajarnya, demikian pembinaan Ketua.

Itulah beberapa pesan ketua PA Sekayu dalam sambutannya setelah acara pelantikan. Selanjutnya diikuti dengan pemberian selamat kepada Kasubbag Umum dan Keuangan baru itu, diawali dengan ketua dan diikuti seluruh pegawai yang hadir. Selamat dan sukses, semoga amanah yang akan diemban itu bisa dilaksanakan dengan baik. (Humas PA Sekayu)