logo-pta.png

Silaturahmi dan Penandatangan PKS Corporate Card dan Briguna BRI KC Prabumulih dengan PA Prabumulih

Written by Maskur Kaswi.

Silaturahmi dan Penandatangan PKS Corporate Card dan Briguna BRI KC Prabumulih dengan PA Prabumulih

pks prabu1.jpg

PA-PRABUMULIH.GO.ID - Sehubungan dengan telah diterbitkannya PMK Nomor 196/PMK.05/2018, tanggal 31 Desember 2018, tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, maka mulai 1 Juli 2019, penggunaan Kartu Kredit Pemerintah mulai diberlakukan di seluruh instansi vertikal. Dalam menindaklanjuti PMK itu, maka pada hari Rabu (03/07/2019), Pimpinan Cabang BRI Prabumulih (Heru Senjaya), melakukan kunjungan silaturahmi ke Pengadilan Agama Prabumulih, sekaligus untuk melaksanakan Perjanjian Kerjasama (PKS) Corporate Card dan Briguna BRI Kantor Cabang Prabumulih dengan Pengadilan Agama Prabumulih.

Dalam kunjungan tersebut, Pimpinan Cabang BRI Prabumulih beserta rombongan disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Prabumulih (YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH ), Wakil Ketua Pengadilan Agama Prabumulih (YM. Lukmin, S.Ag., M.E), Sekretaris (Muhammad Firdaus, S.Kom, dan Panitera (Nahwa, S.H).

Acara silaturahmi dan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Corporate Card dan Briguna ini, di mulai pada pukul 10.00 WIB, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Prabumulih. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran Kesekretariatan dan Kepaniteraan serta honorer Pengadilan Agama Prabumulih. 

Ketua Pengadilan Agama Prabumulih mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan BRI Cabang Prabumulih. Dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sebagai kantor baru, tentunya Pengadilan Agama Prabumulih membutuhkan teman dan mitra kerja yang banyak untuk bekerjasama dengan instansi terkait, agar tidak ketinggalan dalam perkembangan Teknologi Informasi. Beliau pun berharap dengan adanya kerjasama ini dapat menciptakan hasil yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

Dalam sambutan Bapak Heru Senjaya selaku Pimpinan Cabang BRI Prabumulih, mengucapkan terima kasih telah diizinkan untuk bersilaturahmi dengan seluruh aparatur Pengadilan Agama Prabumulih. Selaku pimpinan BRI, beliau menyampaikan komitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, terlebih Pengadilan Agama Prabumulih, baik dalam pemenuhan kebutuhan pegawai Pengadilan Agama Prabumulih maupun memberikan pelayanan dalam rangka implementasi Kartu Kredit Pemerintah yang mulai diberlakukan tanggal 1 Juli 2019. Dalam penjelasan beliau, nantinya kartu kredit tersebut bisa digunakan untuk biaya operasional yang mendesak, termasuk didalamnya biaya perjalanan dinas yang tujuannya untuk mendukung gerakan cashless society. Dengan begitu, pengeluaran rutin anggaran instansi vertikal seperti belanja barang sudah menggunakan kartu kredit pemerintah.

Di akhir acara, Tim BRI Cabang Prabumulih melemparkan beberapa pertanyaan yang dapat langsung dijawab oleh Ketua maupun pegawai Pengadilan Agama Prabumulih. Hadirin yang dapat menjawab pertanyaan langsung mendapat hadiah dari Tim BRI. Pertanyaan yang diajukan adalah seputar Kartu Kredit Pemerintah dan produk-produk BRI. Acara tanya jawab ini berlangsung meriah, seluruh pegawai antusias menjawab semua pertanyaan, sekaligus juga menyampaikan pertanyaan, masukan dan saran yang membangun untuk kemajuan Pengadilan Agama Prabumulih dengan BRI Cabang Prabumulih kedepannya. (Tim IT PA Pbm)

Uji Coba Video Conference PA Muara Enim

Written by Maskur Kaswi.

Uji Coba Video Conference, WKPTA Palembang : “Selamat dan Pertahankan Peringkat SIPP PA Muara Enim”

12. 09072019-1400.jpg

PA-MUARAENIM.GO.ID - Membaca pesan whatshapp yang masuk, Selasa (9/7/2019) pukul 09.22 WIB, bahwa Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Drs. H. Helmy Thohir, M.H., ingin melakukan trial video conference secara khusus dengan Pengadilan Agama Muara Enim, yang akan digelar siangnya pukul 14.00 WIB, lantas Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H., melalui whatshapp grup Pengadilan Agama Muara Enim, pun meminta kehadiran seluruh jajarannya untuk menyaksikan kegiatan itu.

Meskipun hanya permintaan trial video conference, dimata Ketua Pengadilan Agama Muara Enim hal ini merupakan suatu penghargaan yang patut disyukuri bersama, sebab Pengadilan Agama Muara Enim mendapatkan kepercayaan sebagai yang pertama melakoni uji coba video conference dengan Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

Ia membeberkan, bahwa tak mengetahui alasan dipilihnya Pengadilan Agama Muara Enim sebagai partner untuk melakukan uji cuba tersebut, pasti ada alasannya, dan yang tahu tentu mereka sendiri di Pengadilan Tinggi Agama Palembang, imbuhnya sesaat jelang dilakukannya video conference.

Ketua Pengadilan Agama Muara Enim juga mengatakan, sebagaimana ia ketahui, bahwa sesuai Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 3252/DjA/HM.02.3/VII/2019 tanggal 4 Juli 2019 perihal Persiapan Teleconference bagi setiap pengadilan tingkat banding. Bahkan isi surat tersebut didalamnya mengandung instruksi bahwa media teleconference tersebut merupakan sarana pembinaan dan pengawasan yang efektif dan efisien terhadap seluruh pengadilan tingkat banding dan juga pengadilan tingkat pertama di lingkungan peradilan agama,

Tim IT Pengadilan Agama Muara Enim pun berupaya menyiapkan segala sesuatu agar menunjang kelancaran pembicaraan Ketua Pengadilan Agama Muara Enim dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang. Suasana bahagia kental menyelimuti ruang lobi gedung tempat digelarnya video conference. Sementara itu untuk hakim, pejabat fungsional dan struktural, serta pegawai lainnya disediakan tempat duduk disamping, dengan tayangan layar didepannya untuk menonton.

Saat video conference berlangsung, perbincangan siang itu cukup santai namun serius. Terlebih saat Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang menyatakan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pengadilan Agama Muara Enim yang telah menduduki peringkat pertama atas penanganan perkara berdasarkan SIPP sejak tanggal 21 Juni 2019 lalu pada kategori III (1001-2500 perkara). Apresiasi sekaligus ucapan tersebut ia sampaikan saat menghadapi video conference dengan Ketua Pengadilan Agama Muara Enim dan seluruh jajaran. Mendadak susasana pun berubah menjadi gembira dengan iringan tepuk tangan bahagia para pejuang SIPP Pengadilan Agama Muara Enim.

Mendapat apresiasi, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang berharap Pengadilan Agama Muara Enim tak lengah, dan kedepan ia meminta hal ini dapat terus dipertahankan. Pada video conference tersebut juga ditanyakan beberapa hal lainnya yang menjadi program prioritas Ditjen Badilag saat ini.

Sehubungan dengan video conference yang dilakukan dengan Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Pengadilan Agama Muara Enim menggunakan Skype yakni software berbasis free yang di install pada PC/Laptop dengan Operasi Sistem Windows, dimana Skype dapat digunakan untuk melakukan video conference secara bersama-sama dalam satu ruangan, dan dapat juga melakukan share tampilan layar komputer sebenarnya.

 

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim

Rakor Juli: PA Prabumulih Sikapi Permintaan Perbaikan Binwas Hatiwasda PTA Palembang

Written by Maskur Kaswi.

Rakor Juli: PA Prabumulih Sikapi Permintaan Perbaikan Binwas Hatiwasda PTA Palembang

 

PA-PRABUMULIH.GO.ID - Pasca pembinaan dan pengawasan Hakim Tinggi Pengawas dari PTA Palembang, Tanggal 1 - 2 Juli 2019 lalu, Pengadilan Agama Prabumulih langsung bertindak. Di bawah pimpinan YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH, beberapa temuan tersebut langsung disikapi dengan menggelar Rapat Koordinasi pada hari Rabu, Tanggal 10 Juli 2019, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Prabumulih. Rapat yang dipimpin oleh Ketua, diikuti oleh seluruh jajaran yang ada di Pengadilan Agama Prabumulih, mulai dari Wakil Ketua (YM. Lukmin, S.Ag., M.E), Panitera (Nahwa, SH), Sekretaris (Muhammad Firdaus, S.Kom), Hakim, pejabat struktural, pejabat fungsional, pegawai, hingga seluruh tenaga honorer Pengadilan Agama Prabumulih.

Dalam rapat koordinasi yang dimulai pukul 14.00 WIB ini, Ketua Pengadilan Agama Prabumulih menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan hasil pembinaan dan pengawasan yang telah diekspose tersebut. “Secara garis besar menurut Hatiwasda dan Tim, PA Prabumulih sudah luar biasa, karena sebagai PA baru, cara kerjanya sudah seperti PA lama, tapi yang namanya pengawasan pasti ada temuan. Hasil temuan ini lah, kita jadikan cambuk untuk lebih baik kedepannya.” ujar pak Ketua.

Dari hasil pengawasan yang tertuang dalam Kontrak Kinerja Permintaan Perbaikan Hasil Pembinaan dan Pengawasan Tahun 2019, oleh Ketua Pengadilan Agama Prabumulih di urai satu per satu untuk dapat ditindaklanjuti sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dalam kesempatan tersebut, Ketua PA Prabumulih mengharapkan untuk menindaklanjutinya dalam jangka waktu secepat-cepatnya dan tidak perlu menunggu sampai 1 (satu) bulan, sebagaimana kontrak kinerja yang ditandatanganinya di hadapan Tim Hatiwasda PTA Palembang.

 

 

Bidang-bidang yang perlu ditindak-lanjuti meliputi Bidang Manajemen Peradilan/Pelayanan Publik, Bidang Administrasi Persidangan, Bidang Administrasi Perkara, Bidang Tehnis Yustisial, Kesekretariatan yang meliputi Sub Bagian Umum dan Keuangan, Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan serta Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana.

 

 

 

Selain pembahasan mengenai hasil pembinaan dan pengawasan Hatiwasda, dilaksanakan pula diklat di tempat kerja (DDTK) tentang implementasi ABT SIPP. Tim IT Pengadilan Agama Prabumulih menjelaskan aplikasi pendukung SIPP yang bernama ABT. ABT adalah Aplikasi Blanko Terintegrasi SIPP yang memudahkan user untuk menyelesaikan adminitrasi perkara, sehingga minutasi dan putusan dapat dilaksanakan sesegara mungkin.

 

Para peserta DDTK sangat antusias dan aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, dan akhirnya diharapkan kepada seluruh peserta DDTK dapat memahami dalam mengoperasikan aplkiasi ABT ini, sehingga one day minutation dan one day publication bukan lagi sebagai pekerjaan yang berat. (Tim IT PA Prabumulih)

Pembinaan dan Pengawasan dari PTA Palembang berlangsung sesuai Rencana

Written by Maskur Kaswi.

Pembinaan dan Pengawasan dari PTA Palembang berlangsung sesuai Rencana

was prabu.jpg

 

PA-PRABUMULIH.GO.ID – Senin (01/07/2019) Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah  (HATIBINWASDA) PTA Palembang melakukan kegiatan pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Prabumulih. Rombongan Tim Pembina dan Pengawas Daerah tersebut terdiri dari Drs. H. Suyadi, M.H (Hakim Tinggi) sebagai Ketua Tim, Sahlanudin, S.Ag, S.H., M.H (Kabag Perencanaan dan Kepegawaian) sebagai anggota dan Matnur, S.H (Panitera Pengganti) sebagai anggota. Kegiatan ini berlangung selama 2 (dua) hari yakni tanggal 01 s/d 02 Juli 2019, diawali dengan Opening Meeting bertempat di  ruang sidang Pengadilan Agama Prabumulih.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Binwas Drs. H.Suyadi, M.H.,  mengatakan bahwa pengawasan ini adalah kegiatan rutin atau reguler yang sudah terprogram oleh Pengadilan Tinggi Agama Palembang pada tahun 2019 ini. Adapun tujuannya adalah untuk mengevaluasi dan memonitoring sejauh mana pelaksanaan tugas yang sudah dilakukan oleh pimpinan dan staf Pengadilan Agama Prabumulih. Dalam bahasa agamanya pembinaan dan pengawasan ini adalah dalam rangka saling memberi nasihat/saran/masukan dalam hal kebaikan ”Tawasoubil Haq”.

    

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Prabumulih, YM. Suryadi, S.Ag, S.H., M.H. mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Ketua Tim Binwas PTA Palembang beserta rombongan di Kota Prabumulih yang bermotokan ”Prabumulih Jaya, Seinggok Sepemunyian”. Mudah-mudahan kedatangan rombongan akan semakin membuat kinerja aparatur Sipil Negara (ASN) PA Prabumulih semakin meningkat. Di akhir sambutannya, Suryadi menjelaskan sekelumit tentang PA Prabumulih, dimulai dari pendiriannya, jumlah personilnya, tantangan dan hambatan yang dialami serta keberhasilan yang telah didapat selama ini, diantaranya adalah masalah e-court dimana PA Prabumulih telah berhasil mendapatkan perkara e-court sebanyak 3 (tiga) perkara.

 

Kemudian kegiatan Binwas ini ditutup dengan acara ”Cloosing Meeting” di ruang sidang PA Prabumulih. Pada acara ini diawali dengan ekspose hasil pengawasan oleh Ketua Tim dan rombongan serta penyerahan hasil pengawasan dari Ketua Tim Binwas kepada Ketua PA Prabumulih dan di akhiri dengan foto bersama. (Tim IT PA Pbm)

PA Prabumulih, Serapan DIPA 04 TERTINGGI se-wilayah Sumsel

Written by Maskur Kaswi.

PA Prabumulih, Serapan DIPA 04 TERTINGGI se-wilayah Sumsel

dipa1.png

PA-PRABUMULIH.GO.ID - Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama dalam suratnya Nomor: 3413/DjA/KU.00/VII/2019 Tanggal 15 Juli 2019, mengumumkan teguran masih rendahnya Penyerapan Anggaran DIPA 005.04 per 30 Juni 2019, maka diminta kepada Satuan Kerja per wilayah sebagaimana terlampir untuk segera meningkatkan penyerapan anggaran sebesar 60 % sampai dengan akhir bulan Juli 2019.