logo-pta.png

PTA Palembang gelar Majlis Ta'lim perdana Tahun 2019

Written by Maskur Kaswi.

WhatsApp Image 2019-01-21 at 16.47.08.jpeg

pta-palembang.net

Palembang | Senin 21 Januari 2019 Mmajelis Ta'lim Pengadilan Tinggi Agama Palembang menggelar Kultum perdana di tahun 2019 sekaligus perdana menempati gedung baru.

Narasumber yang dihadirkan awal tahun ini adalah Yang Mulia Bapak Drs. H. Helmy Thohir, M.H. (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang). Dalam tausiahnya kali ini antara lain menyampaikan "Ada Tiga kelompok manusia yg do'a akan ditolak Alloh SWT yaitu :
1. Do'a dari suami atau isteri yang selalu dan sering cekcok dgn pasangannya ;
2. Do'a mereka yang tidak akur dan rukun terhadap tetangganya; dan
3. Do'a anak yang durhaka terhadap kedua orang tuanya. Termasuk durhaka shigor (kecil) adalah mereka yg tidak pernah mendoakan kedua ibu bapaknya, baik ketika masih hidup atau sudah wafat, maka biasakanlah utamanya setelah selesai sholat mendoakan berdoa untuk ibu dan bapak, karena salah satu keutamaan dlm sholat adalah diterimanya doa, selain memberikan kemudahan ketika dihisab nanti, sholat juga akan menjadi teman dialam kubur. Sholat adalah tiang dan pondasi dari tegaknya agama, dan amal ibadah yg pertama akan dihisab dihari kiamat nanti. Semoga ada manfaatnya. Amin....

Sosialisasi Sistem Kerja dan Perubahan Struktur TPM PA Sekayu

Written by Maskur Kaswi.

Sosialisasi 2.JPG

PA-SEKAYU.GO.ID - Pengadilan Agama Sekayu (PA Sekayu) melakukan Sosialisasi Sistem Kerja dan Perubahan Struktur Tim Penjaminan Mutu (TPM) kepada seluruh Hakim dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan PA Sekayu, Selasa (15/01/2019).

Sosialisasi ini, menurut Ketua PA Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag., adalah sebagai bentuk langkah PA Sekayu dalam memenuhi Surat Direktur Jenderal Badan peradilan Agama MA RI Nomor 2000/DjA/OT.01.3/08/2018 tanggal 9 Agustus 2018, tentang Pemberlakukan Buku I SAPM Edisi Terbaru (III). “Dengan diberlakukannya buku edisi terbaru tersebut, maka hari ini kita lakukan sosialisasi ini, dengan maksud menyampaikan sekaligus memberikan gambaran perbedaan antara pelaksanaan akreditasi sebelumnya dengan pelaksanaan sistem yang baru,” tutur Ketua PA Sekayu, memberikan sambutan, dalam memuka kegiatan.

Sebagai bahan dan informasi, selanjutnya ia mengatakan, bahwa sebelumnya telah dibentuk Perubahan Struktur Tim Penjaminan Mutu (TPM) pada PA Sekayu Tahun 2019. Adapun pembentukannya tersebut melalui SK Ketua PA Sekayu Nomor W6-A7/139/OT.01.3/I/2019 tanggal 2 Januari 2019, dan juga disertai dengan lampiran uraian tugas dan tanggungjawab masing-masing personil di dalam tim. SK tersebut juga sudah dibagikan sebelumnya kepada masing-masing personil Tim Penjaminan Mutu PA Sekayu Tahun 2019.

Dalam kesempatan selanjutnya, Wakil Ketua PA Sekayu, Suryadi, S.Ag., S.H., M.H., di tempat yang sama menyampaikan sosialisasi mengenai sistem kerja dan perubahan struktur TPM tersebut.

Dalam paparannya, ia menyampaikan panduan dalam menyusun seluruh eviden bagi masing-masing objek dalam setiap kategorinya. Tidak hanya menjabarkan secara lisan namun Wakil Ketua PA Sekayu yang merupakan Ketua TPM juga mencontohkan praktik penyusunan dokuemen-dokumen eviden tersebut ke dalam map dan box file.

“Setiap eviden yang ada dimasukan ke dalam satu map dengan diberi nomor urut ceklist dan kriteria penilaiannya, kemudian map-map yang berisi eviden-eviden tersebut disusun dalam sebuah box dengan diberi label tulisan, sebagai contoh : Eviden Panitera Pengganti Kategori Costumer Focus,” katanya mengilustrasikan contoh penyusunan dokumen eviden kepada Personil TPM.

Setelah menyampaikan sosialisasi tersebut, Ketua TPM PA Sekayu meminta agar semua dokumen eviden tersebut untuk segera disiapkan sesuai dengan batas waktu yang berikan. “Kami menghimbau agar semua dokumen eviden tersebut sudah selesai dan dikumpulkan pada bulan berikutnya, apabila ada dokumen eviden yang benar-benar belum ada tolong untuk diinventarisir dan dilaporkan kepada kami, untuk selanjutnya menjadi tugas kami mencarikan solusinya. Dan bulan berikutnya kita akan adakan pertemuan kembali di ruangan ini,” himbau Ketua TPM, menutup sosialisasinya.

Panitera PTA Palembang Gelar Rapat Perdana Tahun 2019

Written by Maskur Kaswi.

 Pta-palembang.net

Palembang |- Mengawali Tahun 2019, tepatnya pada hari Rabu tanggal 2 Januari 2019 bertempat di ruang kerja Panitera PTA Palembang digelar rapat kerja jajaran Kepaniteraan yang diikuti oleh Panmud Banding, Panmud Hukum, Panitera Pengganti dan staf Kepaniteraan.

9 Perkara Terdaftar di e-Court PA Sekayu pada Awal Tahun 2019

Written by Maskur Kaswi.

14012019-1630.jpg

PA-SEKAYU.GO.ID - Setelah melaksanakan sosialisasi e-Court beberapa waktu lalu, mengawali tahun 2019 ini Pengadilan Agama Sekayu benar-benar telah siap untuk menerima perkara secara e-court bagi para pengecara. Hal ini berkat kebijakan pimpinan Pengadilan Agama Sekayu yang bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan dengan baik bagi para steakholder Pengadilan Agama Sekayu.

Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Saifullah Anshari, S.Ag., M.Ag., mengatakan sebagai diketahui, bahwa Pengadilan Agama Sekayu tidak saja melaksanakan sosialisasi bagi para advokat, tapi melaksanakan juga DDTK bagi jajaran intern Pengadilan Agama Sekayu. “kami juga butuh pengetahuan tentang e-court ini, ujar petugas meja I. sementara bagi para advokat, sosialisasi materi ternyata tidak cukup untuk memberikan pemahaman yang baik tentang e-court, mereka juga butuh praktik langsung untuk benar-benar bisa memanfaatkan e-court ini. Para advokat itu begitu semangat sekali untuk memahami system baru ini, tidak saja pemahaman teoritis, akan tetapi lengkap dengan praktiknya sekaligus. Bahkan begitu antusiasnya, mereka rela datang berulang kali ke Pengadilan Agama Sekayu untuk belajar dan terus belajar demi sebuah aplikasi e-court, sebagai sebuah system baru dalam administrasi peradilan.

Tidak kalah dengan semangat para advokat itu, jajaran Pengadilan Agama Sekayu juga berlomba-lomba untuk memahami e-court ini dengan baik, bahkan sebagian dengan nada protes mengatakan “jangan para advokat saja yang diajari, kami juga perlu, nanti kami ketinggalan pula dengan mereka”. Inilah gambaran betapa semangatnya jajaran Pengadilan Agama Sekayu untuk mengenal dan memahami e-court ini dengan baik.

Dan sebagai sebuah hasil, pada Senin (14/01/2018), Pengadilan Agama Sekayu telah menerima 9 (sembilan) perkara melalui e-court untuk mengawali tahun 2019 ini, semoga system ini bisa berjalan dengan baik dan para advokat betul-betul bisa menikmati dan melaksanakannya tanpa ada kendala.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu