pta-plg-logo.png

Tiga Kepala Daerah Hadiri Perpisahan Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang Prov Sumsel.

Tiga Kepala Daerah Hadiri Perpis

ahan Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau

WhatsApp Image 2020 03 19 at 17.30.20

 

Kamis 19 Maret 2020 bertempat di Aula Pengadilan Agama Lubuklinggau, tiga Kepala Daerah yaitu Wakil Wali Kota Lubuklinggau, Bupati Kabupaten Musirawas dan Bupati Musirawas Utara, menghadiri acara perpisahan atau pengantar tugas Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau Drs. H.Muchlis, SH., MH. Yang promosi dan mutasi menjadi Wakil Ketua ke Pengadilan Agama Kota Bengkulu Kelas IA.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dari Kota Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara, Wakil Ketua Pengadilan Agama Sekayu serta seluruh undangan, dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau yang akan di lantik pada Jum’at 20 Maret 2020 menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkulu tersebut memberikan sambutan dan kata perpisahan atas semua hubungan dan kerjasamanya selama ini antar pimpinan daerah, yang tentu ada kekurangan dan kelebihan serta permohonan maaf bila terdapat kekeliruan dalam bekerja, berkordinasi dan lainnya;

WhatsApp Image 2020 03 19 at 17.30.201

 

 

Gayung bersambut ucapan tersebut dibalas oleh tiga Kepala Daerah yang tampil dipentas secara bersama-sama dan bergantian menyampaikan sambutan kata perpisahan dan ucapan terima kasih atas kinerja dan kerjasama selama ini antar Pimpinan Kepala Daerah dalam rangka tugas pelayanan dibidang hukum dan peradilan, selain itu juga atas capaian-capaian yang telah diraih oleh Pengadilan Agama Lubuklinggau selama ini, lebih lanjut ketiga Pimpinan Daerah tersebut juga menyampaikan ucapan selamat bertugas ditempat yang baru, semoga lebih sukses dan berhasil lagi dalam berkarir dan tetap menjaga silaturahmi meskipun berjauhan.

Dalam kesempatan itu ketiga Pimpinan Kepala Daerah juga menyampaikan selamat Kepada Bapak Drs. Kiagus Ishak ZA, Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubukinggau yang mendapat Promosi menahkodai Pengadilan Agama Lubuklinggau menggantikan Drs. H.Muchlis, SH., MH., selamat datang dan selamat bertugas melanjutkan tugas dan pelayanan di Pengadilan Agama Lubukinggau dan selamat bergabung dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara, semoga dapat bersinergi memberikan layanan dibidang hukum bagi masyarakat di Ketiga wilayah hukum tersebut dengan baik;

WhatsApp Image 2020 03 19 at 17.25.39

 

Bak sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, begitulah acara yang digelar di Pengadilan Agama Lubuklinggau pada hari ini, dimana selain perpisahan Bapak Ketua, dirangkai juga dengan pengantar alih tugas Hakim ibu Dra. Ratnawati, Bapak Mashudi, SH., MHI., yang mutasi ke Pengadilan Agama Kayu Agung Kelas IB dan Ardi, SH., ke Pengadilan Agama Pangkalanbalai, serta Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panitera Pengadilan Agama Lubuklinggau Bapak Yuli Suryadi, SH., MM., yang sebelumnya menjabat Panitera Pengadilan Agama Sekayu menggantikan Bapak H. Lukmanto, SH, yang telah punabakti.

Acara tambah meriah dan penuh keakraban setelah masing-masing menyanyikan lagu kesayangannya secara bergantian dilanjutkan dengan pemberian cendera mata kepada seluruh pejabat yang akan pindah tugas, mulai dari tiga Pimpinan Daerah, Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuklingau, Ikahi, Hakim-hakim, Dharayuktikarini, Panitera, Sekretaris, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan, Panitera Pengganti, Jurusita Pengganti dan tenaga honorer,acarapun ditutup dengan doa bersama, selamat bertugas ditempat yang baru dan selamat bergabung Panitera Pengadilan Agama Lubuklinggau yang baru, semoga kita dapat sukses bersama. (red. Bd-Don)

Badan Pengawasan Mahkamah Agung Sudah Lakukan Evaluasi PMPZI Pada PA Muara Enim

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang Prov Sumsel.

Badan Pengawasan Mahkamah Agung Sudah Lakukan Evaluasi PMPZI Pada PA Muara Enim

 

PA-MUARAENIM.GO.ID – Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung, Nugroho Setiadji, melalui suratnya Nomor 15/BP/SK/III/2020 tanggal 12 Maret 2020 menungaskan timnya untuk melakukan evaluasi terhadap Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Agama (PA) di Muara Enim.

 

Tim evaluasi yang akan melakukan Penilaian Mandiri terhadap pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) ini, diketuai oleh Taufiq Hamami, yang merupakan Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung. Kemudian Samsul Bahri, yang juga merupakan Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung, sebagai anggota. Selanjutnya Iva Fairouz Afrinadya, Kasubag Umum Kepegawaian pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung, sebagai sekretaris. Dan Bram Budi Nurcahyo, Arsiparis Pertama pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung, sebagai pemeriksa.

Taufiq Hamami menghimbau, selama dilaksanakannya evaluasi nanti, seluruh personil dalam tim kerja pembangunan ZI hendaknya dapat bekerjasama dengan baik,  terhadapnya. Disamping itu, diantara personil yang telah dibentuk tersebut, harus saling berkoordinasi dan menguatkan.

 

Sesuai jadwal, tim evaluasi akan berada di Muara Enim selama lima hari, sejak 16 Maret 2020 hingga 20 Maret 2020. Ia berharap, lima hari yang diberikan tersebut dapat mencukupi waktu baginya untuk menyelesaikan tugasnya melakukan evaluasi PMPZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan melaporkan hasil PMPZI.

Ketua Tim Evaluasi PMPZI, Taufiq Hamami menyampaikan, bahwa evaluasi yang dilaksanakannya ini sepenuhnya akan mengacu kepada Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Ri Nomor 58/KMA/SK/III/2019 tentang Pedoman pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya, dan juga mepmperhatikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019.

Menurutnya, pada tahun 2020 Badan Pengawasan telah menerima usulan Ditjen Badan Peradilan Agama sebanyak 233 satuan kerja. Usulan ini mencakup 13 Pengadilan Tingkat Banding dan 220 Pengadilan Tingkat Pertama. Dari 220 satuan kerja Pengadilan Tingkat Pertama tersebut, Pengadilan Agama Muara Enim termasuk salah satunya, yang akan dinilai Pembangunan Zona Integritas-nya.

Dari evaluasi tersebut, berdasarkan hasil telusur dokumen yang ada, nilai Pembangunan ZI pada Pengadilan Agama Muara Enim mencapai nilai 76,37%. Nilai tersebut dikalkulasi dari 40,17% nilai Komponen Proses dan 36,2% nilai Komponen Hasil.

Hal ini telah dituangkan dalam Dokumen Berita Acara Hasil Evaluasi PMPZI, yang ditanda tangani tim evaluasi pada hari Kamis, 19 Maret 2020, di Muara Enim. Dengan diserahkannya Dokumen Berita Acara Evaluasi tersebut, Ketua Tim Evaluasi PMPZI, Taufiq Hamami meminta Ketua Tim Pembangunan ZI Pengadilan Agama Muara Enim, melalui Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H., untuk segera menindaklanjuti hal tersebut, hingga 23 Maret 2020 mendatang, ungkapnya pada ceremonial penyerahan Dokumen Berita Acara Evaluasi PMPZI pada Pengadilan Agama Muara Enim.

Menyambut hal itu, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim menuturkan akan menyikapinya dengan segera mungkin, sebelum batas waktu yang diberikan berakhir. kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki pengisian pada aplikasi PMPZI, agar setelah updating nanti Lembar Kerja Evaluasi (LKE) menjadi lebih baik dan eviden-eviden pun sesuai dengan KMA 58 Tahun 2019, pungkasnya.

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1441 H Tahun 2020 Mengubah Pola Pikir dan Budaya Kerja Aparatur Di Pengadilan Tinggi Agama Palembang Kamis, 13 Maret 2020

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang Prov Sumsel.

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1441 H Tahun 2020 Mengubah Pola Pikir dan Budaya Kerja Aparatur Di Pengadilan Tinggi Agama Palembang
Kamis, 13 Maret 2020 

 

 

pta.palembang.go.id

Palembang- Kamis tanggal 13 Maret 2020  Pukul 14.00 WIB bertempat di Aula  Pengadilan Tinggi Agama Palembang, digelar Peringatan Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H beretepatan 17 Rajab 1441 H. Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural, Fungsional, Karywan/ti Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang beserta istri, turut hadir Ibu-Ibu Fosi Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Dharmayukti Karini.
 
 
Diakhir Acara peringatan Isra' Miraj di umumkan penghias telur terbaik, dan telur-telur itu dibagikan kepada semua tamu undangan. dengan tujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan demikian makna yang tersirat dari tumpeng dan telur hias tersebut. 
   
Dengan pelaksanaan peringatan Isra Mi'raj semoga dapat meningkatkan lagi iman dan ketaqwaan kita serta lebih mempererat tali silah turahmi antar warga peradilan. 
 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Provinsi Sumatera Selatan Melantik Hakim Tinggi Dan 3 Ketua Pengadilan Agama

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang Prov Sumsel.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Provinsi Sumatera Selatan
Melantik  Hakim Tinggi Dan 3 Ketua Pengadilan Agama

 
PTA.Paelembang.go.id
Palembang - Rabu 22 Mei 2019 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1440 H, bertempat di aula Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palembang, Bapak Drs. H. Endang Ali Ma'sum, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Provinsi Sumatera Selatan melantik 1 Orang  Hakim Tinggi dan 7 Orang Ketua Pengadilan Agama.  Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural, Fungsional Karyawan/ti Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Kasubbag Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang serta Dharmayukti Karini. 
 
 
Hakim Tinggi dan 3 Ketua Pengadilan Agama yang dilantik ini berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 25/KMA/SK/II/2020 tanggal 10 Februari 2020 tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama. adapun Hakim Tinggi yang di lantik adalah Drs,H.Abu Bakar, S.H.M.H  Yang sebelumnya Hakim Tinggi Pengadilan Agama Bangka Belitung
 
Setelah Penatikan  Hakim Tinggi , acara dilanjutkan dengan pelantikan  Ketua Pengadilan Agama, yaitu :
  1. Drs.H.Ma'muri, S.H.,M.S.I  Sebagai Ketua Pengadilan Agama Palembang Kelas I A sebelumnya Ketua Pengadilan Agama Metro Kelas IA
  2. Drs. H Bakti Ritonga, S.H., M.H. Sebagai Ketua Pengadilan Agama Muara Enim Kelas IB sebelumnya Ketua Ketua Pengadilan Agama Rantau Prapat Kelas IB
  3. Drs.Cik Basir, S.H.,M.H.I. Sebagai Ketua Pengadilan Agama Kayu Agung Kelas IB sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Kayu Agung Kelas IB
 
   
Acara Pelantikan Baik Hakim TInggi  Pengadilan Tinggi Agama Palembang,  dan 3 Orang Ketua Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang Provinsi Sumatera Selatan Berlangsung sangat khidmat dan tertib.  Semoga dengan pelantikan ini dapat memberikan peningkatan kinerja bagi Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

 

Hari Ini Dan Kemarin, Puncak Penumpukan Perkara Isbat Nikah di Indralaya

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang Prov Sumsel.

Hari Ini Dan Kemarin, Puncak Penumpukan Perkara Isbat Nikah

isbat263

 

INDRALAYA | Pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu masih berjalan baik, hari ini Rabu (26/2) dan Selasa kemarin (25/2) terjadi penumpukan perkara, masing-masing hakim yang bersidang menerima dan memeriksa sekitar 30 berkas perkara. Hakim berjumlah 5 orang dan masing-masing menyidangkan sekitar 30 perkara pada hari Selasa dan Rabu, jadi sebanyak 300 berkas harus diputuskan kurun waktu hari ini dan kemarin.

isbat261

Hal itu untuk mendistribusikan secara merata berkas perkara dalam masing-masing hari sejak Senin hingga Jumat besok, seperti dikabarkan sebelumnya, episode empat tahun 2020 ini, sebanyak 600 perkara isbat nikah telah terdaftar di kepaniteraan Pengadilan Agama Kayuagung dan proses persidangan. Dari perkara tersebut, hari Selasa dan Rabu menjadi hari paling sibuk para hakim dan panitera pengganti untuk menyelesaikan semua perkara hingga minutasi elektronik (red. SIPP).

Meskipun demikian, para hakim menyikapinya secara biasa, penyelesaian perkara tepat waktu dan efektif, terlihat dari pantauan redaksi di lapangan sidang dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir secara serentak pada pukul 14.23 WIB.

Menurut wakil ketua PA Kayuagung Drs. Cik Basir, SH, MHI, komitmen dan kerjasama menjadi kunci keberhasilan dalam bekerja para hakim, panitera pengganti dan jajaran kepanitiaan dalam acara ini, tanpa semua itu, mustahil berhasil.

 “Kita tetap menjaga kekompakan, sama-sama memahami posisi masing-masing dan saling menghargai,” tegasnya.

isbat262

Cik Basir juga menambahkan, walaupun sidang isbat nikah ini berjumlah 600 perkara, apalagi puncaknya hari Selasa dan Rabu, tapi fokus para hakim dan jajarannya sejak sebulan lalu.

“Kami bekerja sejak sebulan lalu, bahkan tahun lalu (red.2019), mulai dari perencanaan, rapat berkali-kali hingga acara pelaksanaan ini, jadi pencapaian harus kami utamakan, tentunya dengan kerja bersama-sama, saling menghargai, dan saling memotivasi,” kata calon ketua PA Kayuagung itu usai bersidang.

Akumulasi dari persidangan selama satu pekan ini akan terlihat di ujung pelaksanaan sidang isbat nikah tahun 2020 ini, apakah jumlah 600 perkara tersebut sesuai target pencapaian atau belum sepenuhnya.

“Tercapai semua artinya semua putus dikabulkan, tapi tampaknya belum semua karena masih ada perkara gugur akibat tidak hadir, meninggal dunia dan sakit,” ucap Cik Basir. (humas_pakag)