logo-pta.png

ALHAMDULILLAH, PA MUARA ENIM RAIH PREDIKAT A-EXCELLENT

Written by Pengadilan Tinggi Agama Sumsel.

ALHAMDULILLAH, PA MUARA ENIM RAIH PREDIKAT A-EXCELLENT

 

Balikpapapn, 14 Juli 2018 adalah saat yang paling ditunggu oleh hampir seluruh aparatur peradilan se-Indonesia. Pada hari itu Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. menyerhkan Sertifikat Penjaminan Mutu Pengadilan kepada 6 (enam) Pengadilan Tinggi, 13 (tiga belas) Pengadilan Tinggi Agama, 91 (sembilan puluh satu) Pengadilan Negeri, 132 (seratus tiga puluh dua) Pengadilan Agama / Mahkamah Syariyah, 12 (dua belas) Pengadilan Tata Usaha Negara, dan 7 (tujuh) Pengadilan Militer.

  

Salah satu pengadilan yang berbahagia pada saat itu, yang mendapatkan sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan adalah PA (Pengadilan Agama) Muara Enim Kelas I B. Ketua PA Muara Enim Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H. di dampingi oleh Panitera PA Mura Enim Edy Syafiq, S.H. dan Sekretaris PA Muara ENim, Muhammad Aji Taufan, S.H. bertolak dari Palembang menuju Balikpapapn untuk menerima sertifikat yang sudah sangat ditunggu-tunggu itu. PA Muara Enim bersama dengan PA Baturaja dan PA Lahat menjadi wakil dari pengadilan yang berada di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang ikut dalam penilaian gelombang I Tahun 2018 ini.

Alhamdulillah, PA Muara Enim Kelas IB meraih Nilai "A-Excellent", sebagai predikat yang melekat dalam sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu yang diterima tersebut. Setibanya kembali ke Muara Enim, Pak Ketua menyampaikan  syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan jalan kepada PA Muara Enim untuk mendapatkan predikat yang "exelent" tersebut, dan kepada seluruh jajaran aparatur peradilan Agama Muara Enim, Pak Habib (sapaan akrab Pak Ketua) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena selama ini telah berjuang bersama dalam mewujudkan cita-cita PA Muara enim yang Excellent.

whatsapp_image_2018-07-13_at_3.56.56_pm

KETUA MAHKAMAH AGUNG LUNCURKAN APLIKASI E-C0URT

Written by Pengadilan Tinggi Agama Sumsel.

KETUA MAHKAMAH AGUNG LUNCURKAN APLIKASI E-C0URT
 
 
Balikpapan—Humas: “Bismillahirrahmanirrahim. Dengan ini peluncuran e-court Mahkamah Agung menuju peradilan elektronik saya nyatakan dibuka secara resmi.”
          Demikian kata-kata yang diucapkan oleh Ketua Mahkamah Agung, YM Prof. DR. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH saat meluncurkan aplikasi e-court di Hotel Novotel, Balikpapan, Jum’at (13/07/2018) kemaren.
          Aplikasi e-court merupakan pelaksanaan dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan. Aplikasi ini, sebagaimana disampaikan Ketua Mahkamah Agung, terdiri dari tiga fitur utama, yakni pendaftaran perkara (e-filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons).
 
 
Merubah Praktek Pelayanan Keperkaraan
          Dalam sambutannya, Hatta Ali menjelaskan bahwa jika aplikasi e-court ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka secara fundamental akan mengubah praktek pelayanan keperkaraan di pengadilan dan membawa peradilan Indonesia satu langkah lagi mendekati praktek  peradilan di negara maju. Hal ini disebabkan karena jangkauan aplikasi ini juga merambah pada pelaksanaan persidangan secara elektronik (e-litigation).
          “Perma Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas permohonan dan gugatan, namun juga terhadap jawaban, replik, duplik, dan kesimpulan, yang berarti payung hukum persidangan secara elektronik (E-Litigation) sudah disediakan”, ungkap Hatta Ali menjelaskan.
          Terkait dengan penerapannya, di bagian lain sambutannya, Hatta Ali menjelaskan bahwa untuk tahap awal aplikasi ini akan diujicobakan pada 32 (tiga puluh dua) pengadilan dalam lingkungan peradilan umum, agama dan TUN terpilih. Setelah itu akan dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan jika dipandang perlu.
          “Paling lambat satu tahun terhitung hari ini, fasilitas ini harus sudah bisa dimanfaatkan di seluruh pengadilan”, jelas Hatta Ali.


Telekonferensi dengan Tiga Pengadilan Percontohan
          Setelah melakukan peluncuran aplikasi e-court, Ketua Mahkamah Agung dengan didampingi oleh pimpinan Mahkamah Agung lainnya melakukan percakapan langsung jarak jauh dengan pimpinan tiga pengadilan percontohan, yakni Pengadilan Negeri Surabaya, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Pengadilan Agama Jakarta Pusat.
          Selain melihat secara langsung proses registrasi perkara dari aplikasi e-court ke dalam aplikasi sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) yang dipergunakan untuk pengelolaan perkara di pengadilan, Hatta Ali juga menanyakan kesiapan pengadilan yang bersangkutan untuk mengimplementasikan e-court.
          Di bagian lain, Hatta Ali juga berdialog dengan beberapa kuasa hukum yang kebetulan mendaftarkan perkara secara elektronik di ketiga pengadilan tersebut. Hatta Ali menanyakan manfaat yang didapatkan oleh kuasa hukum dengan adanya aplikasi e-court ini.
          Selain kemudahan akses dan memudahkan untuk mengatur kegiatan persidangan, aplikasi ini dinilai lebih murah karena meniadakan komponen biaya panggilan untuk penggugat. “Biaya perkara menjadi lebih murah, Yang Mulia”, ujar kuasa hukum yang mendaftarkan perkara di Pengadilan Agama Jakarta Pusat.
          Di bagian akhir telekonferensi, Hatta Ali berpesan kepada pimpinan pengadilan percontohan agar melaksanakan proses ini dengan sebaik-baiknya dan para admin yang menanganinya agar tetap fokus pada pelayanan keperkaraan secara elektronik. (Humas/Mohammad Noor/foto pepy)

 

Brosur E-Court Mahkamah Agung RI 2018 Download DIsini

PENGADILAN TINGGI AGAMA PALEMBANG MASUK NOMINASI "A" EXCELLENT"

Written by Pengadilan Tinggi Agama Sumsel.

PENGADILAN TINGGI AGAMA PALEMBANG , PENGADILAN AGAMA LAHAT, PENGADILAN AGAMA BATURAJA DAN PENGADILAN AGAMA MUARA ENIM MASUK NOMINASI "A" EXCELLENT"    

 
  
 
Makassar – Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof.Dr.M.Hatta Ali, SH., MH didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, dan para Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Agama dan Militer dan Tata Usaha Negara menyerahkan sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu kepada 261 Pengadilan tingkat Banding dan Tingkat Pertama, bertempat di ballroom Hotel Clarion, 29/11/2017.
 
PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU OLEH KETUA MAHKAMAH AGUNG
 
 
Penyerahaan sertifikasi akreditasi penjaminan mutu kali ini sungguh merupakan momentum yang istimewa, dimana penyerahaan sertifikasi akreditasi penjaminan mutu  diberikan kepada  Peradilan umum,  Pengadilan Agama, Militer dan Tata Usaha Negara.

 

Dalam sambutannya ketua Mahkamah Agung menjelaskan bahwa sertifikasi akreditasi penjaminan mutu ini harus dimiliki oleh setiap Pengadilan, baik Pengadilan Umum, Agama, Militer dan Tata Usaha Negara, juga akan sebagai penilaian bagi para pimpinan Pengadilan dalam promosi dan mutasi.
 
Sedangkan Direktur Jenderal Peradilan Umum mengingatkan kepada seluruh pimpinan Pengadilan Baik Tingkat Banding dan Pertama, bahwa akreditasi mendorong optimalisasi sarana, prasarana dan sistem manajemen untuk mewujudkan performa, kinerja dan pelayanan publik yang prima, bukan bermewah mewahan apalagi memaksanakan diri untuk mewujudkan tampilan yang hebat dengan mengunakan anggaran di luar DIPA.
 
 
 

 

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan yang menerima Akreditas dari empat lingkungan Pengadilan, Ikut Hadir Ketua PTA Palembang, Ketua PA Lahat, Ketu PA Baturaja, Ketua PA Muara Enim, Sekretaris PTA Palembang, Panitera Sekretaris PA Lahat,PA Baturaja dan PA Muara Enim.
 
Alhamdulillah Pengadilan Tinggi Agama Palembang Tahun ini masuk nominasi Penilaian SAPM Pengadilan Tinggi Agama Palembang Gelombang I dan Mendapatkan Nilai Terbaik  yaitu A"Excellent" Selain itu juga Pengadilan Agama Lahat, Pengadilan Agama Baturaja dan Pengadilan Agama Muara Enim Memberikan hasil yang sangat memuaskan yaitu A"Excellent"  Sehingga Tinggal Pengadilan Agama Lubuk Linggau dan Pengadilan Agama Sekayu yang Ikut Penilaian di Gelombang November 2018 . 

 

Dan tentunya Prestasi ini diraih tidak lah muda penuh dengan Perjuangan  yang melelahkan oleh Seluruh Pengawai baik PTA Palembang dan PA Wilayah PTA Palembang yang telah mendapatkan Serttifikat SAPM dengan semangat dan kerjasama yang kompak dan ihklas.
 
Tentunya dengan penilaian tersebut membuat PTA Palembang atau Pengadilan Agama Sewilayah PTA Palembang meningkatkan kinerja untuk mempertahankan penilaian tersebut.

 

RAPAT KOORDINAS PTA PALEMBANG DENGAN PTA SEWILAYAH PTA PALEMBANG

Written by Pengadilan Tinggi Agama Sumsel.

RAPAT KOORDINASI PTA PALEMBANG DENGAN
PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH PROVINSI  SUMATERA SELATAN

10 JULI 2018

 

Palembang | - Dalam rangka meningkatkan Kinerja dan melaksanakan Tugas dan Fungsi Pengadilan maka Pengadilan Tinggi Agama Palembang melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Pengadilan Agama Sewilayah Provinsi Sumatera Selatan bertempat di Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palembang Jl Jendral Sudirman No.43, Km.3.5 Palembang. Di hadiri oleh Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan  Fungsional PTA Palembang,  Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

Rapat  Koordinasi  dimulai pukul 13.00 Wib sampai dengan 16.00 WIB di pimpin langsung oleh Ketua PTA Palembang DR. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H., Dalam Rapat Koordinasi Sekretaris PTA Palembang Drs. Edison, M.A., menyampaikan bahwa Pengadilan Agama sedang melaksanakan Sertifikasi Akreditas Penjamin Mutu agar pelaskanaan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan pedoman yang sudah ada sehingga tercapai standard an tercapai akreditasinya dengan nilai yang sangat memuaskan.

Panitera PTA Palembang Drs. H. Pahri Hamidi, S.H.juga menyampaikan sama pentingnya dengan Sertifikasi Akreditasi bahwa administrasi kepaniteraan yang sudah memasuki era digital dimana setiap surat maupun putusan sudah bentuk digital  sehingga dibutuhkan dukungan  teknologi seperti scanner selaras dengan itu  Mahkamah Agung juga  sudah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik.

Ketua Pengadilan Tingi Agama Palembang juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjamin Mutu di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang telah berjalan dari tahun kemarin, bagi Pengadilan Agama yang sudah di Akreditas diharapkan dapat memepertahankan dan di tingkatkan, bagi Pengadilan Agama yang belum di akreditasi harap memeprsiapkan untuk di akreditasi, mudah-mudahan Semua Pengadilan Agama Sewilayah PTA Palembang sudah di akreditas dalam waktu tak lama lagi. Begitu juga dengan Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

Semoga dengan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja dapat lebih meningkatkan lagi mutu pelayanan dan kinerja pengadilan Agama kepada masyarakat terutama pencari keadilan.

 

 

 



KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA PALEMBANG GELAR HALAL BI HALAL

Written by Pengadilan Tinggi Agama Sumsel.

KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA PALEMBANG GELAR HALAL BI HALAL

 

 

 

Palembang | pta-palembang.net

Palembang, Selasa 11 Juli 2018 Ketua PTA Palembang gelar halal bi halal bersama keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Palembang bertempat di Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palembang di Jalan Jenderal Sudirman No.43 Km.3.5 Palembang. Acara halal bi halal tersebut di hadiri oleh seluruh pegawai PTA Palembang dari Hakim TInggi, Pejabat Fungsional, Struktural, Staf dan Honorer, serta Ketua, Wakil Ketua , Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Sewilayah PTA Palembang, Bintaldam II Sriwijaya dan  turut hadir juga ibu-ibu Dhamayukti Karini.

 
 

Acara dimulai Pukul 09.00 di mulai dengan Pembacaan AyatSuci Al-Qur-An oleh H. Minsyahril, S.H (PP PTA Palembang), Sambutan acara halal bi halal oleh  Ketua PTA Palembang Dr. H. M. Syarif Mappiase, SH, MH dan dilanjutkan Ceramah Agama dan doa penutup oleh Drs.H.M.Lekat (Hakim PA Palembang) , Acara  berlangsung dalam suasana kekeluargaan.

 

Semoga suasana keakraban dan silaturrahmi seperti ini tetap terjalin sehingga memotipasi kinerja di hari hari mendatang Amiin Ya Robbal ’Alamiin. Taqabbalallahu minna wa minkum, minna wa minkum  taqabbal ya Kariim.  Az/mk